Article Detail

MEMAKNAI RAMADHAN DALAM KEBERAGAMAN

Kamis (24/7), suara azan berkumandang di Aula SMP Santo Yosef Lahat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, SMA Santo Yosef kembali melaksanakan kegiatan buka bersama. Kegiatan yang dipusatkan di Aula SMP Santo Yosef Lahat ini bertujuan memupuk semangat community (kebersamaan) di antara para siswa. Semangat community diharapkan tidak hanya dipahami secara teoritis, tetapi sungguh-sungguh dihidupi dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan buka bersama tidak hanya diikuti oleh siswa-siswi muslim, melainkan oleh seluruh siswa-siswi mulai dari kelas X sampai kelas XII. Kegiatan bertajuk “Suka-Cita Ramadhan dalam Keberagaman” ini diisi dengan lomba nasyid dan fashion, hiburan, kultum, dan shalat berjamaah. Kegiatan-kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengikis perbedaan yang ada, karena SMA Santo Yosef Lahat di kenal sebagai sekolah yang diwarnai keberagaman. Para siswa yang bersekolah di SMA Santo Yosef berasal dari berbagai latar belakang suku dan agama.

Para siswa sangat antusias mengikuti acara ini. Salah satu siswa bernama Akhmad Adid dari kelas X MIA 1 menuturkan bahwa ia merasa senang mengikuti kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini ia bisa berkumpul bersama teman-teman untuk menikmati buka bersama. “Perasaan saya senang, karena bisa menikmati buka puasa bersama teman-teman,” kata Akhmad. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa yang ikut kegiatan ini tidak hanya siswa-siswi muslim, yang non-muslim pun diwajibkan ikut sehingga ia pun dapat bersosialisasi dengan teman-teman lain yang berbeda keyakinan.

Suling tanda waktu berbuka puasa pun berbunyi. Seluruh siswa segera beranjak menuju ruang wali kelas masing-masing untuk menyantap menu buka bersama yang disediakan oleh kelas masing-masing. “Acara makan bersama ini bisa lebih mengakrabkan saya dengan teman-teman, jadi seperti keluarga sendiri,” kata Akhmad menambahkan. Menurutnya, sebagai siswa baru ia harus bisa berteman dengan siapa saja, agar proses penyesuaian dengan lingkungan belajar yang baru dapat berjalan dengan baik. (WL)

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment